ANALISIS PERANCANGAN SISTEM PEMBIAYAAN MULTI GUNA PADA PERUSAHAAN FINANCE
Abstract
Semakin banyaknya perusahaan swasta yang bergerak di bidang jasa pembiayaan (finance) menimbulkan persaingan bisnis antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Pada perusahaan yang bergerak di bidang jasa pembiayaan memiliki banyak tantangan yang harus dihadapi, diantaranya yaitu, bagaimana langkah-langkah strategi promosi yang harus dilakukan oleh perusahaan sehingga dapat mencapai tujuan awal dari perencanaan promosi tersebut serta berjalan secara efektif dan efisien untuk menarik minat konsumen sesuai dengan sasaran yang dituju. Oleh karena itu, perusahaan harus mempunyai strategi promosi yang tepat supaya perusahaan dapat menginformasikan jasa kepada para calon konsumen, dapat menarik minat konsumen untuk memutuskan memakai jasa layanan dari perusahaan, dapat mengetahui selera konsumen. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Analisis Perancangan Sistem Pembiayaan Multi Guna Pada Perusahaan Finance. Sumber penelitian adalah Data Perusahaan, Manajer kantor cabang, dan konsumen. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam melaksanakan strategi promosi Perusahaan Finance melakukan pembagian segmentasi, targeting dan positioning. Kemudian dilanjutkan dengan langkah-langkah promosi yaitu, iklan, menyaring penanya dan follow up konsumen, serta menggunakan bauran promosi periklanan, promosi penjualan, penjulan perseorangan, dan informasi dari mulut ke mulut. Sampai saat ini, stretegi promosi yang digunakan cukup berhasil, hal ini dilihat dari meningkatnya grafik konsumen disetiap bulannya.
References
Nofyat, Ibrahim, A., & Ambarita, A. (2018). Sistem Informasi Pengaduan Pelanggan Air Berbasis Website Pada Pdam Kota Ternate. IJIS - Indonesian Journal On Information System, 3(1). https://doi.org/10.36549/ijis.v3i1.37
Putri, A. (2017). SISTEM INFORMASI PEMESANAN SALON KECANTIKAN PADA KENZU SALON BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER.
Suri, N. (2019). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.